Sistem Operasi Windows

Menggunakan System Restore di Windows 7

System Restore merupakan fitur dari windows yang sangat membantu user untuk mengembalikan keadaan system komputer pada saat beberapa waktu sebelumnya ketika restore point dibuat. System restore dapat menjadi salah satu alternatif untuk memperbaiki system windows yang mengalami error . Error yang terjadi pada komputer bisa saja disebabkan oleh human error, software yang bentrok dan tidak compatible, maupun error yang disebabkan oleh virus yang menyerang komputer.

Dengan menggunakan system restore, maka keadaan komputer bisa dikembalikan pada saat komputer dalam keadaan yang fit atau sehat.
1. Klik start kemudian ketikkan system       restore dan tekan enter




2. Setelah itu muncul jendela system restore wizard, klik next


Maka akan muncul daftar restore point, dimana tercantum tanggal dibuatnya restore point tersebut. Pilih salah satu dari daftar tersebut untuk mengembalikan kondisi windows pada tanggal tersebut. Anda bisa klikScan for affected programs untuk melihat program-program apa saja yang akan ikut hilang jika anda memilih tanggal tersebut. Jika sudah klik Next
3. Akan muncul gambar seperti ini, klik next


4. Muncul jendela confirm restore point, klik finish


5. Jika muncul peringatan Once startup, System restore can not be interrupted …. silahkan klik Yes.
6. Maka komputer akan restart dan proses restore akan berlangsung, tunggulah sampai proses selesai
7. Setelah itu komputer anda akan kembali pada pengaturan sebelumnya, dan viruspun akan hilang serta error yang ada mungkin akan kembali normal.

Join The Discussion